PENGUMUMAN

Nomor :  B/9018/UN23/TM.01.00/2023

REGISTRASI CALON MAHASISWA
DITERIMA MELALUI JALUR UTBK SNBT
TAHUN 2023

A. REGISTRASI ONLINE
Step1

  1. Bagi calon mahasiswa yang diterima wajib melakukan registrasi online mulai Tanggal 26  Juni s.d  7 Juli 2023 Pukul 15.00 WIB dengan prosedur sebagai berikut:
  2. Masuk ke laman  http://registrasi.unsoed.ac.id/apps/ Akun Login menggunakan User : Nomor Ujian, Password : tanggal lahir (ddmmyyyy) dan mempersiapkan berkas untuk diunggah ke sistem registrasi, yaitu :
  • Pasfoto digital berwarna dengan ketentuan : muka menghadap lurus ke depan, latar belakang warna merah, baju putih lengan panjang, dasi warna hitam dengan ukuran file maksimal 200 Kb dalam format JPG;
  • File scan Kartu Keluarga Terbaru. (format jpg/pdf)
  • File Scan Bukti Pembayaran SPPT/PBB, Rekening Listrik, PAM, dan Kartu Kesehatan /PJS/KIS/KIP, (dalam 1 file)
  • Daftar penghasilan kotor/struk gaji kotor orang tua/wali (Suami dan Istri). Jika tidak mempunyai struk gaji (wiraswasta, buruh, pedagang, nelayan, dll) dapat diganti dengan surat pernyataan penghasilan dari perusahaan/desa/kelurahan.
  • Pernyataan kesanggupan pembayaran biaya pendidikan/Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dicetak dari sistem, bermeterai Rp.10.000, ditandatangani mahasiswa dan orang tua;
  • Pernyataan untuk mematuhi semua peraturan maupun tata tertib yang berlaku di UNSOED (dicetak dari sistem, bermeterai Rp.10.000, ditandatangani mahasiswa dan orang tua).

step2

  1. Calon mahasiswa yang sudah mencetak Surat Pernyataan Kesanggupan Pembayaran Biaya Pendidikan,  langsung melakukan pembayaran di Bank (BTN, BSI, Bank Mandiri, BNI, Bank Jateng dan  BRI ) dan mendapatkan kode verifikasi berupa PIN 6 digit. Selanjutnya masuk kembali ke laman http://registrasi.unsoed.ac.id/apps/untuk melanjutkan proses registrasi online dan mencetak bukti registrasi online. Calon mahasiswa yang tidak membayar sesuai tanggal registrasi maka dianggap mengundurkan diri. Selanjutnya masuk kembali ke laman http://registrasi.unsoed.ac.id/apps/ untuk melanjutkan proses registrasi online dan mencetak bukti registrasi online. Calon mahasiswa yang tidak membayar sesuai tanggal registrasi maka dianggap mengundurkan diri.
  2. Calon mahasiswa peserta KIP-Kuliah setelah mengisi biodata langsung mencetak bukti registrasi.
  3. Calon mahasiswa wajib melakukan test kesehatan dan bebas Napza di Klinik Pratama UNSOED dan menyerahkan hasilnya saat registrasi fisik. Khusus program studi kelompok SAINTEK wajib tes buta warna. Khusus bagi calon mahasiswa diterima Fakultas Kedokteran (Pendidikan Dokter dan Kodokteran Gigi) dan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (Prodi Farmasi dan Prodi Keperawatan) wajib melakukan Psikotes pada tanggal 11 Juli 2023. Tes NAPZA dan Tes Kesehatan serta menyerahkan surat telah mengikuti psikotes pada saat registrasi fisik.
  4. Layanan tes kesehatan dan psikotest pada Klinik pratama Unsoed dilakukan mulai tanggal 26 Juni 2023 sampai batas akhir registrai fisik tanggal 13 Juli 2023 sesuai jam pelayanan kesehatan klinik pratama. Informasi lengkap mengenai layanan klinik pratama dapat di akses melalui laman http://bpu.unsoed.ac.id/content/klinik-pratama-soedirman-0 
  5. Pendaftaran layanan tes kesehatan dan NAPZA dapat diakses di laman : https://registrasi.unsoed.ac.id/bebasnapza/
  6. Pada saat registrasi fisik mahasiswa wajib menyerahkan Surat Keterangan Kesehatan dan Bebas NAPZA yang dikeluarkan oleh Klinik Pratama UNSOED. Khusus program studi kelompok SAINTEK ditambah surat keterangan tidak buta warna
  7. Calon mahasiswa KIP-Kuliah yang dinyatakan LULUS UTBK SNBT tahun 2023 wajib  membawa berkas persyaratan KIP-Kuliah pada saat registrasi fisik, mengikuti verifikasi dan diseleksi kelayakannya sebagai mahasiswa calon penerima KIP-Kuliah. Bagi calon penerima KIP-Kuliah yang tidak hadir saat verifikasi akan digugurkan sebagai calon penerima beasiswa KIP-Kuliah.

 B. REGISTRASI FISIK

  1. Bagi calon mahasiswa yang sudah melakukan registrasi online, wajib hadir untuk melakukan registrasi fisik dan mengikuti pengarahan yang tidak dapat diwakilkan.
  2. Pelaksanaan registrasi fisik pada tanggal 11 – 13 Juli 2023 di Gedung Registrasi dan Alumni, Kompleks Rektorat Unsoed, Jl. HR Bunyamin No.708 Purwokerto pukul 08.00 – Selesai
  3. Jadwal Kegiatan Registrasi Fisik adalah sebagai berikut :
Selasa, 11 Juli 2023 : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas ISIP, Fakultas Ilmu Budaya.
Rabu, 12 Juli 2023 : Fakultas Pertanian, Fakultas Biologi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan.
Kamis, 13 Juli 2023 : Fakultas Peternakan,  Fakultas Teknik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas MIPA.

Mahasiswa mengumpulkan berkas sesuai dengan Form F1 yang dicetak dari sistem registrasi yaitu :

  • Kartu Tanda UTBK SNBT tahun 2023, Biodata Mahasiswa Baru dan Bukti Registrasi Online yang dicetak dari sistem pada saat registrasi online
  • Pernyataan kesanggupan pembayaran biaya pendidikan/Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dicetak dari sistem, bermeterai Rp.10.000, ditandatangani mahasiswa dan orang tua /wali,
  • Surat Pernyataan Mentaati Peraturan dan Tata tertib di Unsoed dicetak dari sistem, bermeterai Rp. 10.000 di tandatangani mahasiswa dan orang tua/wali.
  • Surat Keterangan Sehat dan Pemeriksaan Narkoba (NAPZA) wajib dikeluarkan oleh Klinik Pratama UNSOED. (Fakultas Kedokteran (Pendidikan Dokter dan Kedokteran Gigi) dan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (Prodi Farmasi dan Prodi Keperawatan) ditambah surat keterangan sudah mengikuti psikotest.
  • Fotokopi Surat Keterangan Lulus / ijazah yang dilegalisir
  • Surat Keterangan Gaji/Pendapatan Orangtua/wali yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan stempel instansi atau oleh RT/RW/ Lurah bagi yang tidak bekerja secara tetap/wiraswasta.
  • Fotokopi Kuitansi Bukti Pembayaran Listrik/ Bukti Pembelian token listrik/ PDAM dan Telepon pembayaran bulan terakhir.
  • Fotokopi Bukti Pembayaran PBB tahun terakhir.
  • Fotokopi Kartu Keluarga tahun terakhir.
  • Fotokopi Kartu BPJS/ Surat Keterangan Tidak Mampu.
  • Surat Pernyataan Penerima KIP (Bagi mahasiswa diterima beasiswa KIP).
  • Pas Foto 4 x 6 berwarna 1 lembar.
  • Fotokopi KIP, DTKS, PKH, KKS, P3KE (jika punya).

4. Mahasiswa mengambil Jaket Almamater, Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

C. KEGIATAN MAHASISWA BARU

  1. Calon mahasiswa baru Universitas Jenderal Soedirman yang tidak melakukan registrasi online sesuai tanggal yang telah ditetapkan, tidak hadir saat registrasi fisik, tidak  mengikuti verifikasi berkas, mengisi data palsu dan atau tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan, memberi keterangan palsu pada saat mendaftar maupun mendaftar ulang sebagai mahasiswa baru UNSOED dan atau tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan maka  DIBATALKAN haknya sebagai calon mahasiswa baru.
  2. Calon Mahasiswa wajib memiliki kartu KIS-JKN (BPJS Kesehatan, ASKES, JAMKESMAS) dan menunjuk Klinik Pratama UNSOED sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (F-KTP). Pemindahan F-KTP dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi JKN Mobile.
  3. Calon mahasiswa yang telah melakukan registrasi dan dinyatakan tidak lulus pada jenjang SMA/SMK atau sederajat dianggap gugur sebagai calon mahasiswa. Bukti kelulusan wajib disertakan saat registrasi fisik.
  4. Semua biaya registrasi yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
  5. Mahasiswa baru wajib mengikuti gladi bersih dan Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang tanggal dan tempatnya akan diumumkan kemudian melalui Laman : http://registrasi.unsoed.ac.id

Purwokerto, 19 Juni 2023
Rektor,

Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc. Agr.
NIP 196901281994031004

Pertanyaan mengenai Registrasi bisa melalui E-Mail: regstat@unsoed.ac.id

Silahkan  Klik Untuk Download File Pengumuman