PENGUMUMAN

Nomor :  B/ 12 / UN23/ TM.01.00/ 2024

 

REGISTRASI CALON MAHASISWA PPAk 
DITERIMA MELALUI JALUR MANDIRI TAHUN 2024
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN

A. REGISTRASI ONLINE Step1

  1. Bagi calon mahasiswa yang diterima wajib melakukan registrasi online mulai Tanggal 17 – 31 Juli 2024 Pukul 15.00 WIB didampingi orang tua / wali.
  2. Masuk ke laman  https://registrasi.unsoed.ac.id/profesi/. Akun Login menggunakan User : Nomor Ujian, Password : tanggal lahir (ddmmyyyy) untuk input data calon mahasiswa dan mempersiapkan berkas untuk diunggah ke sistem registrasi, yaitu :
  1. Pasfoto digital berwarna dengan ketentuan : muka menghadap lurus ke depan, latar belakang warna merah, baju putih lengan panjang, dasi warna hitam dengan ukuran file maksimal 200 Kb dalam format JPG;
  2. File scan Kartu Keluarga Terbaru. (format jpg/pdf)
  3. File Scan Bukti Pembayaran SPPT/PBB, Rekening Listrik, PAM, dan BPJS /PKH/PJS/KIS/KIP (Jika ada dalam satu File Scan JPG/PDF).
  4. Daftar penghasilan kotor/struk gaji kotor orang tua/wali (Suami dan Istri). Jika tidak mempunyai struk gaji (wiraswasta, buruh, pedagang, nelayan, dll) dapat diganti dengan surat pernyataan penghasilan dari perusahaan/desa/kelurahan.
  5. Foto Rumah  (tampak depan, ruangan, dan lantai).
  6. Input data No telp ketua RT/RW/ Kelurga/tetangga terdekat.
  7. Pernyataan kesanggupan pembayaran biaya pendidikan/Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dicetak dari sistem, bermeterai Rp.10.000,00 ditandatangani mahasiswa dan orang tua;
  8. Pernyataan kesanggupan pembayaran biaya Sumbangan/Uang Pengembangan Institusi (IPI), bermaterai Rp.10.000,00 ditandatangani mahasiswa dan orang tua wali;
  9. Pernyataan untuk mematuhi semua peraturan maupun tata tertib yang berlaku di UNSOED (dicetak dari sistem, bermeterai Rp.10.000,00 ditandatangani mahasiswa dan orang tua).

step2

  1. Calon mahasiswa yang sudah mencetak Surat Pernyataan Kesanggupan Pembayaran Biaya Pendidikan,  langsung melakukan pembayaran di Bank (Bank Jateng, Bank Mandiri, BNI, BTN, BSI atau BRI) dan mendapatkan kode verifikasi berupa PIN 6 digit.
  2. Selanjutnya masuk kembali ke laman  https://registrasi.unsoed.ac.id/profesi/ untuk melanjutkan proses registrasi online dan mencetak bukti registrasi online. Calon mahasiswa yang tidak membayar sesuai tanggal registrasi maka dianggap mengundurkan diri.
  3. Calon mahasiswa wajib melakukan test kesehatan dan bebas NAPZA di klinik pratama UNSOED dan menyerahkan hasilnya saat registrasi fisik.
  4. Layanan tes kesehatan dan psikotest pada Klinik Pratama UNSOED dilakukan mulai tanggal 15 Juli 2024 sesuai jam pelayanan kesehatan klinik pratama. Informasi lengkap mengenai layanan klinik pratama dapat di akses melalui laman http://bpu.unsoed.ac.id/content/klinik-pratama-soedirman-0
  5. Pendaftaran layanan tes kesehatan dan NAPZA dapat diakses di laman : https://registrasi.unsoed.ac.id/bebasnapza/

 B. REGISTRASI FISIK

  1. Bagi calon mahasiswa yang sudah melakukan registrasi online, wajib hadir untuk melakukan registrasi fisik yang tidak dapat diwakilkan waktu pelaksanaan 9 – 31 Juli 2024 Skretariat PPAk di Gedung F, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Jl. Prof HR Bunyamin 708.
  2. Berkas mahasiswa yang sesuai dengan Form F1 yang dicetak dari sistem registrasi dan dikumpulkan yaitu :
  • Kartu Tanda Peserta Ujian tahun 2024, Biodata Mahasiswa Baru dan Bukti Registrasi Online yang dicetak dari sistem pada saat registrasi online
  • Pernyataan kesanggupan pembayaran biaya pendidikan/Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dicetak dari sistem, bermeterai Rp.10.000,00 ditandatangani mahasiswa dan orang tua /wali,
  • Pernyataan kesanggupan pembayaran biaya Sumbangan/Uang Pengembangan Institusi (IPI), bermeterai Rp.10.000,00 ditandatangani mahasiswa dan orang tua/wali.
  • Surat Pernyataan Mentaati Peraturan dan Tata tertib di Unsoed dicetak dari sistem, bermeterai Rp. 10.000,00 di tandatangani mahasiswa dan orang tua/wali.
  • Surat Keterangan Sehat dan Pemeriksaan Narkoba (NAPZA) wajib dikeluarkan oleh Klinik Pratama UNSOED.
  • Fotokopi Surat Keterangan Lulus yang dilegalisir
  • Surat Keterangan Gaji/Pendapatan Orangtua/wali yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan stempel instansi atau oleh RT/RW/ Lurah bagi yang tidak bekerja secara tetap/wiraswasta.
  • Fotokopi Kuitansi Bukti Pembayaran Listrik/ Bukti Pembelian token listrik/ PDAM dan Telepon pembayaran bulan terakhir.
  • Fotocopy Bukti Pembayaran PBB tahun terakhir.
  • Fotocopy Kartu Keluarga tahun terakhir.
  • Fotocopy Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
  • Surat Keterangan Tidak Mampu / Keterangan Keluarga Miskin (GAKIN) Asli diketahui kelurahan, Fotocopy Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), serta Beras Miskin (raskin) bagi mahasiswa diterima beasiswa KIP.
  • Foto kopi Rapot yang telah dilegalisir
  • Pas Foto 4 x 6 berwarna 1 lembar.

3. Mahasiswa mengambil Jaket Almamater dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).

4. Calon mahasiswa baru Universitas Jenderal Soedirman yang tidak registrasi online sesuai tanggal yang telah ditetapkan, tidak hadir saat registrasi fisik, tidak verifikasi berkas, data palsu dan atau tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan, memberi keterangan palsu pada saat mendaftar maupun mendaftar ulang sebagai mahasiswa baru UNSOED dan atau tidak memenuhi syarat yang telah ditentukan maka DIBATALKAN sebagai calon mahasiswa baru.

5. Semua biaya registrasi yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

C. WAKTU DAN TATA CARA PENGISIAN KRS ON LINE

  1. Mahasiswa mengisi KRS on line melalui website: http://sia.akademik.unsoed.ac.id.
  2. Mahasiswa login dengan menggunakan username dan password yang diperoleh pada saat registrasi online.
  3. Mahasiswa mengisi KRS sesuai matakuliah yang ditawarkan PPAk.
  4. Periode pengisian KRS dimulai dari tanggal 5 sd 16 Agustus 2024.

Purwokerto, 9 Juli 2024

Rektor,

 

Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr., IPU., ASEAN Eng. NIP. 196901281994031004.

Pertanyaan mengenai Registrasi bisa melalui E-Mail: regstat@unsoed.ac.id Silahkan  Klik Untuk Download File Pengumuman